Thursday, June 15, 2006

nge-langgar

Udah pernah ngelanggar aturan lalu lintas? coba deh hitung, kalo lagi berkendara berapa kali kita udah melanggar rambu jalan. Kalo belum ya bagus deh, tapi kalo udah, wah mesti dievaluasi tuch, termasuk aku. Sejarah mencatat aku udah enam kali di tangkep polisi, dua kali diantaranya di sidang, asli pengadilan beneraan, malunya…

Yang pertama, waktu aku pulang dari Tawangmangu, goncengan dg Dwi Samuri, ahad sore, di depan TMP Jurug ada razia, ketangkep deh, karna aku ga punya SIM, he he he, STNK ditahan, dipanggil sidang seminggu kemudian, di pengadilan Jl. Slamet Riyadi. Yang kedua ( mudah-mudahan yang terakhir) waktu mau kondangan ke tempat mba Evi FISIP, naik motor Solo-Yogya, goncengan sama Wulan FISIP, sampe di prapatan Ringroad (pastinya aku lupa) kita mau belok kanan, pas lampu hijau, bablas deh, ternyata yang kekanan masih merah, yang boleh jalan cuman yang mau lurus, ketangkep deh, aku & wulan ngotot2, sapa suruh lampu merahnya ga kliatan? Yg kliatan cuman lampu yang buat lurus? Akhirnya ngotot2an ama polisi berakhir di persidangan, 10 hari lagi ke Pengadilan Yogya, Yogya lagi bo.. biarin ajah yang penting kondangan tetep jalan.. ke pengadilan pun tetep smangat, (tetep aja pede ga salah he he he)

Selama ngelewati dua pengadilan, ga enak juga aku, emang sih dendanya sih ga terlalu besar, ga seberapa, tapi duduk di kursi terdakwa dan ditanyain hakim itu yang memalukan banget…
Diantara enam pelanggaran yang udah aku perbuat diantaranya nerobos lampu merah, jalan di lajur kanan, ga pake helm, ga punya SIM, dll. Tapi paling sering sih ngelanggar lampu merah, kadang karna aku ga liat atau kadang bukan mauku, aku udah berhenti tapi yang laen jalan terus, kadang aku diklaksonin (karna paling depan) atau kadang ditinggal sendirian di prapatan, bengong sambil tengok kanan kiri, akhirnya ikut kabuuurr….

Emang sih ga semua lampu merah bisa diterobos, cuman beberapa lokasi ajah, tapi ngelanggar is ngelanggar. Alhamdulillah, sejak ke jalan-jalan hari ahad ke kantor ama Ena, yang menyarankan aku untuk lewat jalur ini, karna sejuk & ga macet (kreo-cipadu-bintaro-McD-Kolam Renang BinJay-Lengkong Gudang Timur (Astek) BSD-BSD Sektor 14-Tembus kantor deh) aku cuma ngelewati dua lampu merah, salah satunya di prapatan Jombang (bukan Jawa Timur; red). Memang lampu ini jarang ditaatin, asli deh, kalo pas lampu merah trus kita berhenti, ditanggung diklaksonin dan di liatin orang-orang sekitar, terutama tukang ojek dan supir angkot, jadi gimana duoong? Memang sih kalo aku liat sih mungkin karna loading kendaraan di prapatan ini ga terlalu padat, jadi kayaknya lampu merahnya ga terlalu bermanfaat. So, sebenernya lampu merahnya untuk apa ya??
iya ya untuk apa ya?

kenapa sih aku ngelanggar?
toh, selain aman, waktu utk sampai ke tujuan juga ga beda jauh kok..

wah, bener juga ya..
rambu dan sanksi yang jelas-jelas ada di depan mata, aku langgar, gimana Yang Ga Kliatan? ...

tengs ya Na..

1 comment:

  1. sama2 ndi...
    yaahhh... mau gimana lagi, aku emang penasihat:p
    halah! ngomong opo ikie...

    ReplyDelete