Wednesday, June 07, 2006

Mirip


“Kok, balik lagi sih kak? Ada yang ketinggalan ya?” aku ditegur si mamang penjual bubur. “Engga, saya baru berangkat, gimana balik lagi?”. Beberapa hari setelah hari itu si mamang tetep negur tapi dg wajah kebingungan, aku sih senyum biasa ajah. Suatu hari tanpa sengaja aku berangkat bareng kakakku jalan sampe depan gang, ketemu si mamang yang kaget sambil bilang “OOooohhh.. ternyata kembar…, saya kira sering bolak balik dari kemarin, bikin bingung ajah”. Aku dan kakakku tertawa, oo ternyata si mamang mengira aku dan kakakku adalah satu orang. Ada-ada aja. Padahal kami ga kembar, kakakku lebih tua tiga tahun, dia lebih kurus dan tinggi dari aku, kalo aku… lebih imut he he he.. tapi urusan wajah kata orang sih mirip. Udah biasa banget kalo tetangga-tetanggaku selalu salah panggil, kalo orang-orang tua sih gapapa, lah kalo yg laen? Dengan pedenya aku sering ditegur dg panggilan:
“mau kemana yul..”,
“sekarang andri kerja dimana yul?”
“mau berangkat yul?”,
“mau nyusul andri ya? Tuh udah jalan, ketinggalan niyee..”

pertamanya sih aku sering meralat, tapi lama-kelamaan aku biarin ajah, paling-paling kalo sadar, mereka malu sendiri.

Belum lagi crita kakakku, misalnya waktu pulang dari tarawih. “ndri, tadi ada salam dari temenmu, namanya Rizki”. Temen SDku, tumben sholatnya di masjid deket rumah. “Tadi dia meluk-meluk aku, sambil bilang kangen, tapi ga aku tanggepin, akhirnya dia sadar soalnya aku diem aja sambil senyum-senyum, trus dia tanya "bukan Andri ya?" minta maap dan kabuuurr….”

Yang paling terakhir bingung ini adalah temen DPRaku, rumahnya di kompleks sebelah. “Mba Yuli, titip undangan ya??” Atau ke kakakku “mba Andri, uang sisa baksosnya berapa?”. Awalnya sih dia suka confirm dulu “Afwan ini mba Yuli atau mba Andri ya?”, tapi lama-lama dia slonong boy nekat langsung manggil dengan nama sebaliknya, padahal udah dibilangin temen-temen yg laen, yee.. ngotot..

Sampe suatu hari dia datang kerumah, ngasih undangan. Aku lagi beli bubur si mamang depan rumah.
Temenku : “Mba Yuli-nya ada?”
Aku : “Ga ada”
Temenku : “Kalo Andri?”
Aku : “Ada, ada apa ya?"
Temenku : "Bener ni Andri? Bukan mba Yuli?”
Aku : “Iya bener, undangan buat siapa?”
Temenku : “Buat dua-duanya, masa’ sih ini bukan mba Yuli?”
Aku : (duh.. ngotot bgt sih ni anak) "Trus kenapa? Ya udah nanti saya sampein ke mba Yuli”
Temenku : “Duh, bingung saya..bukannya kamu mba Yuli?”

Tiba tiba, jreeeeng…
Si mamang : “Bingung bedain Andri dan Yuli ya Mas? Saya juga..”
Temenku : “Iya ni mang, si mamang juga?”
Si mamang : “Iya, saya lewat sini tiap hari, tapi tetep aja bingung, habis sama sih”
Temenku : “iya, betul..” bla bla bla…
Si mamang : bla bla bla..

Pembicaraan orang-orang senasib berlanjut, aku ambil undangan, bayar bubur, trus masuk… aku dan kakakku jadi punya ide iseng buat rapat DPRa selanjutnya, he he he...

1 comment:

  1. pas andi ngikut aku ke kantor, temenku nanya; saudaranya ya na? mirip!

    alamakk jang....
    yang muka pasaran sapa neh?P

    ReplyDelete