Wednesday, February 14, 2007

episode ciledug

3 Februari 2007

semalam hujan masih terus turun, kerja ga ya… kerja juga lewat mana? Kerja, engga, kerja, engga, kerja… enggak ahh.. hari ini gelap banget, Insya Allah bosku paham (ternyata liburnya dipotong cuti hiks hiks ; red)

Dari DPRa kami kebagian tugas di posko penerimaan depan Giant. Setelah samper menyamper, aku, mba yuli, ani, mba tanti, mba ika dan Aam jalan deh.. bu sri ga ikut cos dititipi putrinya Makis.. kasian (putrinya Makis).

Ga ada yang dilakukan, gemes ama para Bapak-bapak yang ngumpul, ngobrol apaan ga tau, makan ketoprak ga rapi-rapi, akhirnya kita nih para ibu-ibu ambil kardus ngecrek dijalan deh.. ada tiga titik, tiap titik dua orang biar pede di jalan.. he he he, aku ama Ani, mba Yuli dan mba Tanti, trus mba Ika dg Putri. Percaya ga?? Ga percaya kan??, yang nyumbang lumayan, JazakumuLlah Khoir katsiir para pengguna jalan ciledug raya wa bil khusus depan Giant Kreo, (sayang ga ada camdig)
Khawatir juga kalo ada anak kantor lewat (gr banget ya) he he he, nganter sparepart misalnya, depan sini kan ada bengkel rekanan.

eh iya ga taunya ada pak Minto & Eka juga yang usaha ngecrek naek metromini, abis itu Pak minto sih mangkal di pomp bensin bates, tapi dasar payah, baliknya kok Eka malah jalan kaki, bukannya naek angkutan lagi, cape kann?? Terkadang aku sekilas liat ketua DPC dan segelintir ikhwan nyoba untuk ngecrek juga tapi agak malu2, maju mundur di jalan gitu dehh.. ga tau ya kenapa? Sebaliknya, kami malah semangat banget ya (dengan kata lain ga tau malu khi hi hi)

Belakangan kita baru sadar kalo para Bapak-bapak udah kelelahan, semalemnya abis evakuasi korban banjir di Ciledug Indah ampe jam2, pantes pada lesu gitu, lha wong banjirnya udah setinggi 2 meter..nah, kami Ibu-ibu tuh sebenernya ditugasi duduk manis di posko nunggu kalo ada sukarelawan atau donatur yang mau membantu, tapi ga ada yang bilang ke kami.. ooo.. baru tau.. grup Larinda? Duduk manis? Kayaknya susah deh, ngumpul berenam gitu aja posko yang berupa tenda udah kayak mau ambruk, karna ngobrolnya heboh banget, termasuk aku he he he Bapak-bapak yang notabene bukan dari Larinda yang ada disitu ampe bengong + kaget + heran saat tawa menggelegar.. maap ya Pak, ga ngagetin lagi dehh..

Istirahat dzuhur, makan deh, dengan penuh inisiatif kami cari makan sendiri (padahal kata pak Ketua DPC, tunggu makanan aja). Sambil jalan ke Masjid ketemu tukang rujak bebek, nongkrong deh, udah kebagian smua kami memilih untuk duduk melingkar di Masjid, lebih nyaman, sepakaaat.. dasar hiperaktif, ternyata satu2 pesen makanan incarannya, rujak potong, melon, kedondong, batagor, pempek & krupuk bangka. Mmm..mmm..yummy… (sapa yang korban banjir ya???)

Balik ke Posko, ada nasi bungkus, hajaaar.. daripada mubaziir.. secara emang kita belon makan dari pagi he he he..

Selesai sholat dan makan, mulai ngecrek lagi deh, tapi kok ga smangat lagi ya? Agak ngantuk dan mulai bete, akhirnya kami izin ke pak Ketua untuk jalan-jalan bentar, dua bapak senior agak berat ngelepas, tapi kami setengah memaksa, “sebenarnya yang jaga setelah dzuhur adalah akhwat DPRa Larangan Utara, tapi mereka kan yang sekarang kena musibah, terserah mba-mba semua, kalo mau menolong sodaranya untuk menggantikan jaga disini lagi…”
“ tapi pak, kita lagi bete ih, pergi dulu sbentar yaaa, nanti balik lagi kok..”
“balik lagi? Ya udah kalau begitu, tapi jangan lama-lama ya..”

Kami langsung ngacir kegirangan, konvoi ke daerah banjir, ciledug Indah, tapi di blokir polisi, bagus, emang turis bencana kayak kami jangan dibolehin masuk ya Pak, nyusahin he he he.
Akhirnya kami pulang dengan jalan memutar, jalan-jalan maksudnya, lewat kawasan bekas banjir, sampe di posko malah ditugaskan Ibu senior untuk bantu di dapur umum di posko Ciledug Indah.. akhirnya, kesana juga.. Allah Maha Tau kok..

Setelah pulang dengan membawa perlengkapan, kami berangkat.. sampai di Ciledug. Sedikit gambaran, posko kami kira-kira berjarak 15 meter dari Gerbang perumahan Ciledug Indah II. SubhanaLLah, walaupun cuma sebentar jaga di posko, tapi banyak hikmah yang didapat… Satu tenda kecil dan beberapa meja yang diatasnya ada dispenser plus bahan makanan matang yang siap diambil para korban, di sebelahnya ada tumpukan makanan kering, susu dan obat-obatan, di belakangnya ada dua kompor untuk memasak mi instant dan satu kompor untuk memasak air. Di samping (agak diluar tenda) digelar pakaian layak pakai di atas kap mobil kijang seorang kader. Di blakangnya lagi ada tumpukan sampah, tumpukan kardus dan tempat cuci piring.. tebak aku kebagian dimana? yapp.. di bagian belakang itu.. karena aku ga tahan duduk doang kayak di barisan depan, duduk ngasihin kue atau duduk depan kompor, masak mi massal itu. Kadang aku bantu mbungkusin biscuit, susu atau kalo ga ada piring yang dicuci, aku bagian estafet ember untuk air bersih, ngatur kardus, ngerapiin sampah biar tempat bisa agak lega, ngambilin bahan makanan yang dikardus untuk di bungkus, walaupun urusannya agak2 dekat dengan kotoran, tapi menyenangkan kok, sesekali waktu aku jalan ke gerbang perumahan ngliat perahu karet evakuasi yang bolak-balik.

Beberapa saat setelah maghrib, hujan deras turun lagi, semua ngumpul di posko (yang cuma tenda kecil itu), lampu, yang cuma dipasok dari masjid, mati. Semua gelap, sambil menyelamatkan bahan bantuan yang ga tahan air. Ga terasa air di gerbang perumahan itu mulai naik lagi, kaki kami juga mulai terendam banjir kira2 semata kaki.. tapi ga lama reda lagi kok.. alhamduliLlahh..

SubhanaLlah, posko kami dapat sedikit meringankan para korban, Sedikit crita dari posko, masih ada para korban yang belum terevakuasi dan kelaparan di Ciledug Indah I karena agak di dalam kompleks perumahan yang arusnya sangat deras. Tapi ada pula penduduk yang ga mau dievakuasi, dengan berbagai alasan. Kemudian crita tentang masih ada bayi dan anak-anak yang belum terevakuasi dan seorang Ibu yang wafat,.. Inna Lillahi…
Beginilah bila pemimpin tidak mampu melayani rakyatnya..

Kemudian ada pula prasangka yang tidak benar, yang bilang kalo posko kami tidak membagi bantuan dengan adil dan merata, juga ada bahan bantuan yang dibawa secara pribadi.. Masya Alloh.. dalam kondisi genting seperti itu, kami berusaha untuk adli, siapapun yang datang akan kami berikan selama masih ada bantuan, walaupun kami juga memiliki kekhawatiran ada oknum-oknum masyarakat bukan korban banjir yang minta bantuan,
Sedangkan ada juga bantuan yang telah diplotting khusus kepada pengungsi sesungguhnya yang kami salurkan lewat ketua RT, tapi mungkin para kritikus itu ga tau kapan kami menyerahkannya. Seluruh bantuan juga dipool ke posko Ciledug Indah ini, padahal masih ada kawasan lain yang terkena banjir, Pondok Bahar misalnya, maka bantuannya kami ambil dari posko Ciledug Indah, dengan mobil tentu aja, trus dibawa ke tempat yang membutuhkan, gitccuu, mungkin banyak yang liat kalo kami memasukkan barang-barang lagi ke mobil kali yaa… jadi dikira dibawa pulang pribadi.

Jam 9.30 malam kami diminta pulang, biar para Bapak-bapak yang jaga.

4 Februari 2007,
giliran amanah diblakang layar, memasak nasi bungkus neh
seharian kru larangan indah ngumpul dirumah Ani neh, untuk masak 2 kali makan, biasa deh super rame dan heboohhh,

Makasih juga buat mba Vera dan kluarga yang udah banyak bantu kami dengan antusias..

Segitu aja ya cerita hebohnya..
Bay bay…

1 comment:

  1. Anonymous1:52 PM

    wah blogger ciledug juga nich...
    salam kenal ya..!!

    ciledug emang gitu... macet udah jkadi makanan sehari-hari jadi sabar ya bu...

    :)

    ReplyDelete